Friday, February 8, 2013

SAKIT MAAG BAGI IBU HAMIL

0 comments

Selama masa kehamilan, sering kali sang ibu mengalami gangguan pada lambungnya. Ibu hamil terkena sakit maag karena wanita pada saat hamil muda dan telah memiliki riwayat sakit maag akan sangat beresiko kambuh terutama saat mengidam.

Saat mengidam, terkadang ibu hamil muda tidak berselera makan, mual dan muntah (emesis gravidarium) akibat pengaruh hormone chorionic gonadotropin. Karena perut sering dalam keadaan kosong, maka sakit tidak bisa dihindari. Begitupun sebaliknya, penyakit maag yang diderita sebelumnya bisa memperburuk masa mengidam wanita hamil, yaitu mual muntah berlebihan (hiperemesis gravidarum). Oleh karena itu, hindari lebih dahulu makanan yang merangsang lambung. Selain itu, tablet penambah darah sementara jangan dikonsumsi dulu, karena obat ini bersifat mengiritasi pada lambung.

Ibu hamil lebih rentan untuk terkena sakit maag, karena adanya pengaruh dari hormon-hormon berikut ini :
  • Estrogen : Hormon ini berfungsi membangun lapisan dinding rahim dan menjaga plasenta di dalam rahim. Esterogen memiliki efek samping menimbulkan rasa mual.
  • Pregesteron : Hormon ini berfungsi sebagai relaksasi rahim untuk mempertahankan kehamilan sampai usia aterm (cukup bulan). Terkadang peningkatan hormon ini mengakibatkan terjadinya relaksasi pada saluran pencernaan dan berakibat melambatnya pengosongan lambung dan peristaltik (kerja usus). Kondisi ini menyebabkan rasa eneg, sebah, penuh dan mual, bahkan bisa mengakibatkan timbulnya penumpukan gas di saluran pencernaan. Walaupun penumpukan gas tidak mempengaruhi janin tetapi cukup mengganggu bagi ibu hamil.
  • HCG (Human Chorionic Gondadotropin) : Hormon ini menstimulasi ovarium untuk menghasilkan estrogen yang bisa menimbulkan rasa mual.
Pada saat kehamilan sakit maag dapat dicegah dengan cara-cara berikut ini :
1. Menikmati masa kehamilan dan tidak mengeluh apapun yang dirasakan pada masa ini.
2. Hindari stres karena dapat memicu produksi asam lambung.
3. Jangan membiarkan perut dalam kondisi kosong. Makanlah dalam porsi kecil tetapi sering, bisa 4-6 kali perhari.
4. Kurangi mengonsumsi makanan yang dapat menghasilkan gas. Seperti kubis, ubi, minuman bersoda, bersantan, berlemak, dan makanan pedas atau terlalu banyak bumbu.
5. Jangan langsung berbaring setelah makan. Hal ini dapat memicu rasa penuh dan panas dalam lambung.


Bagi Ibu Hamil, sangat baik untuk minum VinerMag setiap hari secara teratur. Karena dengan minum VinerMag, penyerapan nutrisi dan oksigen oleh tubuh akan menjadi lebih optimal. Selain itu, asupan gizi buat janin kitapun akan lebih baik. VinerMag terbuat dari bahan-bahan herbal alami yang selaras dengan tubuh manusia sehingga tidak ada efek samping apapun. VinerMag juga dapat diminum oleh ibu yang sedang menyusui.


Jaga kesehatan lambung anda agar anda dan janin anda mendapatkan penyerapan nutrisi dan oksigen secara optimal

0 comments:

Post a Comment