Monday, February 18, 2013

PENTINGNYA KESEHATAN LAMBUNG

0 comments


Lambung yang sehat merupakan wujud nyata dari kesehatan yang harus dijaga setiap orang. Karena lambung memegang peranan penting dalam tubuh manusia. Bisa dikatakan lambung sebagai awal munculnya segala penyakit.

KENAPA???

Karena lambung sangat berpengaruh terhadap kualitas pembuluh darah, sedangkan pembuluh darah adalah saluran yang menyampaikan nutrisi dan oksigen keseluruh tubuh manusia. Tidak ada bagian tubuh yang tidak dijangkau oleh pembuluh darah.

Kualitas kesehatan tubuh sangat dutentukan oleh kualitas darahnya. Kualitas darah sangat ditentukan oleh kualitas makanan yang dimakannya. Manfaat makanan yang berkualitas ditentukan oleh kualitas lambung.

Apabila ada kerusakan pada lambung kita, maka makanan yang kita makan tidak bisa diolah/dicerna dengan baik dan maksimal. Hal ini akan berdampak pada tidak maksimalnya nutrisi yang harus diserap oleh darah, lalu dikirim keseluruh tubuh guna memberi makan seluruh sel tubuh kita (suplai nutrisi pada tubuh). Akibatnya berdampak pada penurunan kualitas sel dan kualitas darah tubuh kita. Bila hal ini tidak teratasi maka keseimbangan kerja sebagian atau seluruh organ tubuh kita akan terganggu sehingga berbagai gangguan keharmonisan tubuh dan gejala penyakit mulai muncul.

Oleh karena itu jangan pernah sepelekan masalah kesehatan lambung.

Secara umum, beberapa faktor di bawah ini merupakan penyebab gangguan pada lambung.
1. Kesibukan sehari-hari.
Manusia di perkotaan khususnya, sering meremehkan kesehatan perutnya, misalnya makan tidak teratur, suka menunda waktu makan, tidak membiasakan diri sarapan, membiasakan makan siang di sore hari dan makan sore di larut malam, atau makan tergesa-gesa. Makan dengan cara seperti ini bisa menyebabkan makanan tidak dapat dicerna dengan baik.

Dengan keadaan seperti ini, biasanya gejala yang timbul adalah perasaan perih, merasa lapar, namun tidak nafsu makan. Akibat keluhan seperti inilah usus mendorong diafragma ke atas secara mekanis, sehingga terjadilah gangguan terhadap jantung, sesak nafas dan lain sebagainya.

2. Pola kehidupan masa kini.
Manusia lebih cenderung menyukai makanan dan minuman yang sangat lezat, meskipun makanan dan minuman tersebut mengandung zat-zat yang tidak baik bagi usus dan pencernaan, menimbulkan kolesterol tinggi bahkan sampai mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Seringkali kita dengar maraknya penggunaan bahan-bahan pengawet makanan yang dicampur dengan bahan-bahan yang tidak semestinya dikonsumsi oleh tubuh manusia seperti boraks, formalin, pewarna tekstil dsb.

3. Jika membeli makanan dan minuman yang dikemas.
Sebaiknya kita perhatikan tanggal kadaluarsanya. Yaitu tanggal pembuatan dan batas akhir waktu penjualan atau beredarnya barang dipasaran.

4. Kurangnya kesadaran membersihkan mulut, gigi, dan tangan terutama ketika malam sebelum tidur.
Berdasarkan sejumlah penelitian medis, bakteri menemukan sasaran dengan mudah dan subur pada mulut, gigi dan tangan yang kotor hingga hal tersebut mengakibatkan kerusakan pada gigi dan lambung.

5. Stres atau tekanan kejiwaan.

6. Mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter.
Obat pencernaan, misalnya, bila dikonsumsi terus-menerus, bukan tidak mungkin organ pencernaan kita malah berbalik akan mengeras atau bahkan rusak.

Pencegahan sakit pada lambung / sakit maag dapat dilakukan dengan cara :
1. Meninggalkan semua kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang membahayakan tubuh.
2. Menahan diri dari marah/emosi.
Jiwa yang selalu bergejolak dengan amarah, akan sangat sulit untuk dikontrol. Bahkan sebagian orang kerap ‘keblabasan’ menyantap makanan bila sedang stres. Padahal, ini membahayakan kondisi lambungnya yang dipompa terus-menerus untuk ‘bekerja’ .
3. Mengurangi jumlah porsi makanan/minuman dari biasanya, terutama untuk menurunkan berat badan yang berlebihan.
Bagaimana pun, berat badan yang berlebihan adalah salah satu penyebab beberapa penyakit yang berbahaya.
4. Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang memang dilarang oleh dokter akibat suatu penyakit yang diderita.

0 comments:

Post a Comment