Kamis, 28 Februari 2013

FUNGSI ASAM LAMBUNG

0 komentar


Bagi penderita sakit maag, sering kali merasakan nyeri dibagian perut atas sebelah kiri dan dibagian tengah ulu hati. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa sakit maag seringkali dianggap sebagai penyakit yang ringan dan mudah untuk diatasi. Banyaknya obat-obat maag jenis antasid yang beredar dimasyarakat dan mudah untuk  diperoleh baik di warung-warung, minimarket ataupun apotek-apotek dan toko obat, menjadikan orang berpikir bahwa sakit maag cukup diatasi dengan obat-obatan tersebut.

Kita harus tahu apa dan bagaimana obat jenis antasida bekerja.
Antasida adalah kandungan obat yang berfungsi untuk menetralisir derajat keasaman dari asam lambung. Sehingga obat-obatan yang menggunakan bahan antasida bekerja dengan cara menetralisir asam lambung sehingga derajat keasaman pada asam lambung menjadi berkurang atau bahkan menjadi netral (tidak asam).

Apa sih asam lambung itu? Dan apa fungsinya?
Asam lambung merupakan cairan/enzim dalam lambung yang berfungsi untuk membantu memproses pencernaan makanan sehingga makanan yang kita makan menjadi mudah dicerna/dilumatkan didalam lambung. Makanan yang dicerna, kemudian akan berubah menjadi cair dan nutrisi yang ada pada makanan tersebut akan disalurkan dan diserap oleh tubuh.

Jika derajat keasaman pada asam lambung kurang, maka proses pencernaan makanan pada lambung akan lebih sulit untuk dicerna. Sehingga akhirnya penyerapan nutrisi oleh tubuh akan menjadi tidak optimal. Umumnya yang sering dirasakan jika asam lambung dinetralisir lama kelamaan adalah sembelit / susah BAB.

Untuk mengatasi asam lambung yang berlebih memang baik menggunakan obat jenis antasida, namun yang harus kita ketahui adalah, jika terjadi peningkatan asam lambung maka oleh sifat asam yang korosif/mengikis pada dinding lambung, lama-kelamaan akan membuat peradangan/iritasi/luka pada dinding lambung. Dan jika kondisi lambung tersebut tidak dipulihkan, maka lama kelamaan akan membuat kondisi lambung menjadi kronis dan bahkan dapat menyebabkan kanker lambung/pencernaan.



0 komentar:

Poskan Komentar